Budidaya Tiram mutiara

Mutiara air tawar dan mutiara air laut adalah dua jenis kerang yang berbeda nilain dan kelasnya setelah dibuat perhiasan. Perhiasan mutiara lombok adalah handycraft unggulan Indonesia, komoditi ini telah terkenal di mancanegara sehingga memiliki potensi eksport yang tinggi. Mutiara lombok yang lebih langka daripada mutiara china atau tahiti ini sebetulnya memiliki kualitas yang jauh lebih baik, dikarenakan kondisi alam dan laut diperairan pulau lombok dan nusa tenggara yang masih bersih dan jernih, sehingga sangat ideal untuk pertumbuhan keranga mutiara.
Apakah anda ingin tau bagaimana cara budidaya kerang mutiara air laut dan mutiara air tawar serta tentang industri perhiasan mutiara lombok ? Artikel kali ini kita akan mengupas tuntas tentang cara budidaya kerang mutiara air laut dan mutiara air tawar di peterenakan kerang mutiara.
Mutiara Lombok sangat indah dan langka, sehingga dianggap sebagai sebagai permata yang berharga. Mutiara tidak dibentuk oleh proses geologi seperti batu mulia dan semi mulia, tetapi mutiara adalah produk dari beberapa spesies kerang dan shell lainnya, secara resmi disebut kerang moluska.


Mutiara ini terbentuk ketika iritasi terjadi di dalam kerang mutiara dan bersarang di jaringan lunak di dalam cangkang kerang, untuk melindungi diri, tiram menghasilkan lapisan untuk iritasi. Lapisan ini disebut nacre. Nacre menumpuk di lapisan tipis yang menciptakan sampul warna-warni untuk menutupi iritasi tersebut.

Mutiara sangat dihargai oleh para penguasa dan orang orang kaya sejak dulu. mutiara bahkan telah dikiaskan sebagai hal yang sangat diinginkan, sejak dulu manusia sudah berusaha untuk mengembangkan teknologi penyelaman untuk mendapatkan mutiara ini. Cerita tentang mutiara juga berkembang di kehidupan rakyat sejak dulu, termasuk tentang mutiara di zaman cleopatra, zaman romawi, cerita rakyat jepang dan budaya lainnya.
Sejarah mutiara yang pernah tercatat:
  • Mutiara terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah kuno diketahui beratnya sekitar 454 karat dan kira-kira seukuran telur ayam.
  • Mutiara India bernama “La Peregrina,” spesimen sangat indah dalam bentuk dan kilaunya, memiliki berat 28 karat, milik Mary Tudor (ditempatkan di sebuah museum di Moskow sampai tahun 1960-an, kemudian dijual ke aktor Richard Burton untuk dijadikan  hadiah kepada istrinya pada saat itu, Elizabeth Taylor.
  • Pada tahun 1886, mutiara alami yang luar biasa dinamakan “Southern Cross Besar” ditemukan di sebuah tiram Australia (sembilan mutiara telah bersatu selama pembentukannya di alam sehingga menghasilkan gabungan sempurna sebesar 2,54 cm)
Cara Budidaya Kerang Mutiara
  1. Proses menanamkan induk kerang, biasanya indukan spesies kerang berasal dari kerang yang berbeda (termasuk kerang pigtoe Amerika dan kerang papan cuci), atau kerang yang berasal dari mississipi, atau kerang yang berasal dari perairan irian jaya (papua).
  2. Proses berikutnya persilangan antara kerang. Tiram-tiram tersebut akan mengeluarkan lendir seperti ludah, dan bayi tiram akan lahir di penetasan (hatchery) serta tumbuh dalam tangki di peternakan mutiara, untuk kemudian setelah berumur 60 hari akan dibudidayakan di perairan laut. Setelah kerang berumur kuat dan besar (dapat mencapai 3 tahun didalam air laut) Kerang kerang mutiara ini telah siap untuk di operasi (ditanamkan nukleus)
  3.  Untuk menanamkan inti (nukleus), tiram dipindahkan dari perairan laut menuju “ruang operasi” peternakan mutiara dan diikat menjadi satu di rak.
  4. Mutiara yang unggul diseleksi dan dipisahkan untuk kemudian cangkangnya dibuka sedikit, kemudian biji nukleus dimasukkan saat kerang/shell tetap terbuka. Selanjutnya dilakukan penyayatan (cut) dibuat dalam tubuh tiram, dan nukleus dimasukkan bersama dengan potongan kecil dari mantel tiram yang lain yang dikorbankan untuk proses ini.
  5. Maksud dari memasukkan mantel dari tiram lain ini akan merangsang produksi nacre yang diekskresikan oleh mantel dari kerang mutiara inang (induk).
  6. Tiram ini kemudian dikembalikan ke air laut dengan merangkai mereka pada kerangka yang telah disiapkan dan menempatkan mereka dalam keranjang tiram yang diikat dari rakit apung.
  7. Saat tiram hidup didalam air laut, mereka akan membentuk lapisan lapisan mutiara dari waktu ke waktu yang berfluktuasi dan berkaitan erat dengan suhu air dan kondisi lainnya.
  8. Lapisan berpori di kerang mutiara akan membentuk conchiolin sekitar nukleus dan di bawah nacre itu. Nacre ini terdiri dari lapisan mikro berbentuk khusus khusus dari mineral kalsium karbonat yang disebut aragonit. Lapisan lapisan tipis mikroskopis ini akan yang membuat mutiara budidaya merasa kasar ketika mereka di tes gesek pada gigi (untuk membedakan butiara imitasi dan yang asli alami. Mutiara imitasi akan sangat halus seperti plastik, sedangkan mutiara alami terasa agak kasar saat di gigit di gigi)
  9. Kerang mutiara akan dipanen beberapa waktu kemudian tergantung keinginan berapa besarnya diameter mutiara yang diinginkan. Di musim dingin saat air dingin memperlambat produksi nacre justru akan menciptakan warna terbaik, kilau, dan orientasi, yang merupakan kemampuan mutiara untuk memantulkan cahaya .Waktu budidaya biasanya berkisar antara satu sampai tiga tahun, dan kemajuan pertumbuhan mutiara di dalam tiram dapat dimonitor dengan sinar x.
  10. Pengambilan Mutiara adalah dengan cara memotong dagingnya dengan hati-hati, sehingga kerang yang sama tidak mati dan bisa dibudidayakan kembali (reseed) beberapa kali untuk menghasilkan mutiara yang lebih besar sebagai tiram terus tumbuh. Mutiara diekstraksi selanjutnya diproses untuk dijual. Biasanya, mutiara yang berkualitas tinggi dijual dalam jumlah besar, atau dilelang yang diatur oleh pemerintah.
  11. Dari penjualan lelang, mutiara berpindah tangan ke pengrajin mutiara seperti dan dibuat perhiasan untuk diperdagangkan di industri perhiasan di dalam negeri dan untuk market eksport.
Sumber : http://missjoaquim.com/budidaya-kerang-mutiara







Share on Google Plus

0 komentar:

Wellcome to Rockestra

This blog is belong to WeSTPak 42
feel free to read the articles here..
thanks for your visit and come again..
regard
admin