Pakan Alternatif Untuk Benih Ikan Air Tawar

Sebagaimana kita tahu, benih membutuhkan pakan khusus yang ukurannya jauh lebih kecil dari pakan indukan. Bukaan mulutnya yang sangat kecil amat sangat menyulitkan bagi pembudidaya untuk menemukan pakan bagi benih. Pakan alami/pakan hidup bisa menjadi solusi. Pakan alami yang bervariasi jenis dan ukurannya tentu dapat ditentukan dengan bukaan mulut benih. Kandungan nutrisinya pun tinggi sehingga memenuhi kebutuhan untuk tumbuh kembang benih.


Satu solusi didapat, muncul masalah lain. Apakah ketersediaan pakan alami di sekitar anda mencukupi dan gampang di dapat? atau anda mau membudidayakan ikan sekaligus pakan alaminya?
Untuk itu, kali ini saya akan membagi dua alternatif pakan yang yang dapat menggantikan pakan alami yang sesuai untuk benih (all size).







1. Kuning Telur Rebus
Kuning telur ayam rebus memiliki nutrisi tinggi dan merupakan bahan yang mirip dengan yolk-sac pada benih. beberapa pembudidaya telah menggunakan kuning telur sebagai pakan alternatif untuk benih. beberapa cara pemberian kuning telur sebagai pakan alternatif benih

a. kuning telur rebus dihancurkan terlebih dahulu (agar lebih gampang, gunakan kain kasa) dan dicampur dengan air. larutan dimasukan pada sprayer/alat penyemprot lalu semprotkan pada bak pemeliharaan.

b. kuning telur rebus dihancurkan terlebih dahulu (agar lebih gampang, gunakan kain kasa) dan dicampur dengan air. larutan di siramkan secara merata pada bak (tanpa alat penyemprot/ manual saja)

c. kuning telur rebus dicampur sedikit air dan dihancurkan hingga berbentuk pasta/ bubur dan diberikan pada benih.

jangan lupa, lakukan penyiponan 2 jam setelah pemberian pakan dengan kuning telur rebus agar kualitas air tetap terjaga.








2. Pellet pasta
pembuatan pelet pasta tidaklah susah, bahkan cenderung lebih mudah dari kuning telur rebus karena tidak perlu melakukan penyiponan setelah pemberian pakan.

tahap pembuatan :
a. siapkan 1 buah telur ayam mentah
b. siapkan 250gr pellet bentuk powder/bubuk
c. pisahkan putih dan kuning telurnya
d. campur putih telur dengan bubuk pelet hingga berbentuk pasta
e. berikan pada benih dengan di tebar pada dasar bak dengan sendok sesuai dengan kebutuhan pakan, lakukan penebaran pada beberapa titik, bukan hanya ada satu titik agar pertumbuhan benih merata.

video pellet pasta : 



Share on Google Plus

0 komentar:

Wellcome to Rockestra

This blog is belong to WeSTPak 42
feel free to read the articles here..
thanks for your visit and come again..
regard
admin